10 Februari 2012

Ke Perpustakaan CCF Salemba

Hayo, kapan terakhir kali ke perpustakaan? Yang bener-bener cari buku untuk referensi tulisan atau sekedar lihat buku yang bikin kalian penasaran? Kalau saya, dua minggu yang lalu setelah sekian lama ngga pernah ke perpus, hehe... Siang itu sepulang nganter kerjaan saya turun dari mikrolet 01 di Salemba pas depan CCF (Pusat Kebudayaan Prancis) buat nyambung lagi naik bus patas ke arah Pramuka. Tiba-tiba saya ingat ada buku cerita Prancis yang ingin sekali saya lihat, karena buku ini belum masuk ke Indonesia jadi cuma bisa ditemukan di perpus ccf.
Tanpa rencana saya langsung mampir ke sana. Ini pertama kalinya saya berkunjung ke ccf, padahal lumayan sering loh saya lewat depannya. Setelah bertanya ke petugas masuklah saya ke ruang perpus. Perpustakaan berlantai dua yang dibuka untuk umum ini cukup nyaman, rapi, banyak bule mondar-mandir. Waktu itu perpusnya sedang sepi, hanya ada dua siswa ccf yang lagi asik baca buku. Saya lihat rak bukunya, perhatikan buku-buku di bagian seni, bahasa, sastra, komik. Kayak orang ngerti bahasa Prancis padahal sih ngga ngerti sama sekali. Karena buku yang saya cari ngga ketemu akhirnya bertanyalah saya ke penjaga perpus. Lalu saya diajak ke rak buku bagian cerita anak dan di situlah saya menemukan buku yang saya cari, "Le Petit Nicolas" karya René Goscinny dan Jean-Jacques Sempé, dengan seri cukup lengkap.


Koleksi buku seri Le Petit Nicolas di Perpustakaan CCF Salemba. Beberapa seri lainnya sedang dipinjam

Le Petit Nicolas by Jean-Jacques Sempé

Sebetulnya, saya penasaran ingin lihat langsung ilustrasi Jean-Jacques Sempé di buku cerita Le Petit Nicolas. Dan saya menikmati ilustrasi hitam-putih di buku ini walau sama sekali ngga paham bahasa Prancis, hihi... Dari ilustrasinya udah kelihatan banget kalau karakter Nicolas ini bandel, suka ngisengin gurunya bareng teman-teman sekelasnya, pasti adaaaa aja anak yang berkelahi :))

Saat kuliah saya mulai suka karya-karya ilustrator Eropa, salah satunya Sempé. Garisnya yang tipis tapi kokoh, simpel namun tetap detil, sapuan cat airnya yang tipis, lembut, dan cerah. Begitu pun dengan ilustrasi pemandangannya, rasanya senang dilihat lama-lama. Pertama kali kenal ilustrasi Sempé di buku "Catherine Certitude" (versi English) yang dulu ngga sengaja saya beli di toko buku QB karena jatuh hati sama ilustrasinya. Dan ngga lama baru ngeh kalau Sempé adalah ilustrator & kartunis humor terkenal dari Prancis. Ia seangkatan dengan Quentin Blake, Raymond Savignac, atau Ronald Searle.


Catherine Certitude
Story by Patrick Modiano; illustration by Jean-Jacques Sempé; translated by William Rodarmor
(1988) 2001, David R. Godine, Publisher

Catherine Certitude by Jean-Jacques Sempé

Cerita Catherine Certitude ini manis banget, mengisahkan kilas balik kenangan masa kecil Catherine bersama ayahnya, Georges Certitude, saat ia masih tinggal di Paris. Mereka berdua berkaca mata, menyukai balet dan menghabiskan hari-harinya yang menyenangkan bersama: duduk-duduk di halaman gereja, mengantarkan Catherine ke sekolah, menghadiri kelas balet yang diikuti Catherine setiap hari Kamis siang. Entah kenapa, saya selalu tersentuh dengan kisah hubungan antara ayah dengan anak perempuannya. Saya suka sekali buku ini, baik ilustrasi maupun ceritanya, sejak itu saya mulai mencari buku cerita yang diilustrasikan Sempé tiap mampir ke toko buku impor.

Sampai suatu hari saya ngga sengaja nemu "Raoul Taburin Keeps a Secret" di Kinokuniya. Seneng banget berasa kayak nemu harta karun, soalnya buku karya Sempé sulit dan jarang di sini. Di buku ini Sempé sebagai penulis dan ilustrator. Karena harganya lumayan mahal jadi saya harus nabung dulu sebelum beli bukunya, hehe... Nah, setelah uangnya cukup, akhir bulan Desember lalu saya balik lagi ke Kinokuniya ternyata masih ada bukunya, ihiiiyy... masih jodoh! :))


Raoul Taburin Keeps a Secret
Story and illustration by Jean-Jacques Sempé; translated by Anthea Bell
(1995) 2010, Phaidon

Raoul Taburin by Jean-Jacques Sempé

Raoul Taburin sangat menyukai sepeda. Sepeda adalah hidupnya. Ia memiliki toko sekaligus bengkel sepeda yang cukup terkenal di kota kecil Saint-Céron, Prancis. Taburin tahu segalanya tentang sepeda: bagaimana cara memperbaiki ban bocor, rem, atau rantai sepeda yang rusak. Namun ada satu hal yang sama sekali tidak bisa ia lakukan dengan sepeda dan tidak ada seorang pun tahu tentang hal tersebut. Kisah persahabatan yang lucu sekaligus mengharukan antara Taburin dengan Hervé Figougne, seorang fotografer, di mana ia dilanda rasa malu, cemas, takut saat harus mengungkapkan 'rahasia besar'nya itu kepada sahabatnya. Buku terbitan Phaidon ini dikemas & didesain sangat bagus, saya suka sekali, rasanya bahagia lihat buku ini nangkring di rak buku saya :))

Ada beberapa buku Sempé yang ingin saya beli dan baca, tapi ya itu tadi, bukunya jarang dan lumayan mahal. Semoga aja nanti ada penerbit yang tertarik menerjemahkan & menerbitkan buku Le Petit Nicolas di sini. Buat mbak Mei, makasih udah merekomendasikan perpus ccf, sekarang ngga penasaran lagi sama ilustrasinya Sempé di buku Le Petit Nicolas :) Kayaknya saya bakal main ke sana lagi untuk lihat buku cerita Prancis lainnya. Oiya, kalian juga bisa baca review buku cerita yang diilustrasikan Sempé (versi French) di blognya mbak Mei. Berkat review buku Sempé yang ditulis mbak Mei saya bisa nyasar ke blognya :)

Wuiih panjang ya postingannya, hehe... Iya soalnya saya selalu bersemangat kalau ngebahas buku cerita bagus yang saya temukan. Janji besok akan posting gambar-gambar lagi! ;)

22 komentar:

froggy mengatakan...

Dian, masih ada yang jualan somay ngga di ccf? hehehe...

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Froggy: He? Somay? Ga perhatiin tp di seberang ccf msh ada RSCM hehe.. Mau dong buku cerita dari tempatnya Froggy *minta beneran* :P

froggy mengatakan...

wekekeke... tenang, Froggy masih inget kok :p... liat inbox aja yah...

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Froggy: Asiikkk Froggy masih ingeeett.. :)) *langsung cek inbox*

tyas permana mengatakan...

aahhhh demi apa dikomen sm kak dian :'))
saya diam2 mengagumi gambar2nya kak dian hihihii
terimakasiihhh :D

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Tyas: Diem2 aku suka main ke blogmu loh, liat2 gambarnya (yaah, jadi ketauan deh skrg hehe..) Terima kasih jg, Tyas! ;)

mei mengatakan...

nice post Dian, baru sempet baca nih...
waa baru tahu kl Sempe itu seangkatan ama Quentin Blake... aku jg penggemar keduanya!

buku Tabourin inviting bgt yah, baik ilustrasinya maupun ceritanya kyknya.. sepertinya kisah2 karangan Sempe byk yg menyentuh hati ya (tokohnya bukan yg sempurna dan ada unsur ingin diterima gitu..)

ya ilustrasi sempe di buku le petit nicolas emg langsung terasa 'rusuh'nya... :)) btw tapi bukan krn si nicolas anak bandel atau bermaksud bandel mnrtku, dia cuma melihat dan menganalisa situasi dari kacamata dan logika anak2, yg emg sering gak nyambung ama logika org dewasa, jadi ujung2nya situasi super rusuh... hihihi

en-emy mengatakan...

mau coba ke sana ah..
belum pernah ke perpus ccf :)

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Mei: Ah ya, makasih koreksinya ttg Le Petit Nicolas, mba Mei.. Kemarin aku cuma menerka2 dari ilustrasinya doang hihi.. Aku rasa pasti Nicolas dkk ini anak yg sangat kreatif ya :))

Iya setuju, kisah2nya sederhana aja yg sering terjadi dlm keseharian tp lucu ya.. Ada lg buku cerita karangan Sempe terbitan Phaidon jg, "Monsiuer Lambert", kyknya bagus deh ceritanya.. Smg nanti ada di Kinokuniya lg *amin* hehe..

Oya, ketiga judul buku ini bisa msk dlm "Name In A Book Challege" yg lg mba Mei ikutin kan ya.. :))

@Emy: Perpusnya menyenangkan, My.. Nanti aku jg pingin main ke sana lg :D

simplelooklet mengatakan...

waaahh.. jadi tertarik pengen kesana. deket sama perpusnas ya berarti?
Ka aldriana-eh, gpp ya aku panggil ka ^^-tau perpustakaan daerah jakarta selatan gak? yang di daerah kuningan. kata temenku tempatnya enak juga.. :)

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Simplelooklet: Perpusnya asik kok, ccf-nya jg sering ngadain pameran/kegiatan seni. Kebetulan kmrn pas ke sana lg ada pameran fotografi, jd sekalian liat2 foto deh hehe.. Yup, deket Perpus Nasional :)

Perpus Umum Jak Sel itu di Jl. Rasuna Said, Kuningan yg di Gedung Nyi Ageng Serang, bukan? Pernah denger sih tp aku blm pernah ke sana..

dweedy mengatakan...

Awwww... ilustrasi buku anak-anak memang enak banget ya mbak diliatnya :)

merry go round mengatakan...

Cute bangeeetttt.... jadi pengen baca lebih banyak buku-buku ilustrasi kaya gini. Kapan-kapan ke CCF ah :D

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Dweedy: Apalagi kalo ilustrasinya pas di hati ya.. Dweedy jg suka Quentin Blake kan? :)

@Rossa: Di sana koleksi buku cerita & komiknya satu rak sendiri, bakal puas deh liat2 bukunya hehe..
Btw, sabtu kmrn ga bisa ikutan Cha, kerja huhu..

Audrey Abigail mengatakan...

Halo kak Adriana :D
Aku murid CCF loh. Kebetulan tertarik mau ambil fashion design. Jadi aku suka yang gini-gini. Kakak udah liat ilustrasinya Petit Prince belom? Itu sih menurut aku bagus banget. Rasanya kayak kembali ke masa TK.

Ngaco banget aku omongannya..
Salam kenal kak!

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Audrey: Waah ada siswa ccf di sini, halo Audrey, salam kenal jg! :)
Ah ya, Petit Prince salah satu buku cerita favoritku! Iya aku jg suka ilustrasinya.. Bukunya emang tetep asik ya buat dibaca kapan aja..
Keren jurusan yg bakal mau kamu ambil, pasti suka menggambar jg ya.. ;)

Audrey Abigail mengatakan...

Halo kak Adriana :D ini Audrey lagi! Lama banget ya baru bales... Soalnya aku baru main lagi ke blog kakak :D

iya dong! Audrey suka gambar dan suka titik juga. kakak suka novel nggak? soalnya ada novel bikinan Cornelia Funke yang diilustrasikan sama pengarangnya sendiri. gambar-gambarnya cuma pake charcoal. tapi entah kenapa nambah kesan misteri novel itu. keren deh kak :D

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Audrey: Holaa! Aku baru baca dua bukunya Cornelia Funke, 'Pangeran Pencuri' dan 'Sang Penunggang Naga'. Aku jg suka cerita2nya. Iya keren ya dia bikin sendiri ilustrasinya di beberapa buku karangannya..

Audrey Abigail mengatakan...

coba Reckless deh kak. keren banget. nggak rugi waktu itu aku bela-belain beli hardcover waktu pertama kali keluar di Periplus xD

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Audrey: Wah, bagus ya? Kalo ga salah udah diterjemahkan & diterbitkan sama Gramedia jg deh.. Ah, jd pingin baca. Thanks infonya ya! :D

cims__ mengatakan...

Siang kak Aldriana :D aku lagi cari2 info ttg perpus CCF nih, terus nemu blog kakak :)

Kak nanya deh, di perpus itu kakak pinjem buku, musti daftar dulu? ada persyaratan2 gitu nggak? selain buku ada apa aja? hehe. makasih kak :)

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Cims: Halo! Betul, kalo mau pinjam buku harus daftar dulu menjadi anggota perpus. Utk syarat2nya, lebih baik kamu datang langsung ke perpus ccf supaya jelas. Perpusnya terbuka buat umum, kok. Kalo tidak salah, selain buku, ada jg dvd film prancis yg bisa kamu pinjam/tonton di sana :)