28 Januari 2012

How To Be A Ghost

Halo! Akhirnya saya bisa kembali meng-update blog ini setelah menyelesaikan deadine kerjaan yang sudah lewat, huhu... Baiklah, kali ini saya ingin membahas sedikit buku cerita pertama karya Neil Slorance bersama rekannya Campbell Miller, yang diterbitkan secara indie oleh penerbit Pipe Down bulan November lalu. Dan Neil berbaik hati mengirimkan satu bukunya kepada saya, iiih baik banget ya... :D

Buku berukuran mini ini mengisahkan hantu baik hati yang ingin bercerita dan berbagi pengalamannya sebagai hantu. Agak horror ya, tapi percaya deh buku ini ngga ada horror-horrornya sama sekali. Saya malah senyum-senyum sendiri bacanya. Lucu sekaligus manis. Coba deh perhatikan sosok hantunya, cute banget kan, mungkin kalau ketemu hantu kayak begini bakalan saya jadiin maenan :))

Cerita dimulai ketika si hantu (sebelum menjadi hantu) tiba-tiba meninggal. Kemudian hal-hal 'keren' sebagai hantu pun ia alami, seperti; dapat terbang melayang menembus dinding atau meluncur ke bawah menembus tangga. Suatu hari si hantu sadar kalau ia merasa sendirian di 'dunia'nya itu. Maka mulailah ia menulis buku panduan bagaimana cara menjadi hantu, tujuannya mengajak kita yang belum menjadi hantu supaya menjadi hantu :))

Ada beberapa tips sederhana yang ditulis oleh si hantu imut ini, salah satunya melakukan aktivitas gentayangan. Kamu bisa dengan asiknya 'menggangu' orang yang tidak kamu suka sewaktu kamu masih hidup. Misalnya bos lama kamu yang nyebelin, mantan pacar yang ngeselin, atau teman sekolah yang dulu pernah nge-bully kamu. Di sini si hantu juga bercerita bahwa hidupnya setelah meninggal sama seperti ketika ia belum meninggal, invisible, merasa tidak diterima dan sering kali diabaikan oleh teman-temannya, hiks... *peluk si hantu* Dan yang lebih membuatnya sedih dan menyesal adalah ia tidak sempat menyatakan rasa sukanya kepada seorang gadis pelayan bar langganannya yang sudah lama ia taksir, huhuu... *peluk si hantu lagi* Ah, ternyata hantu memiliki perasaan yang sama dengan kita yang masih hidup ya... :)

Buku yang dikemas sederhana dan bisa dikantongin ini dicetak di kertas daur ulang dengan kualitas yang baik, juga disertai bonus gambar original dari Neil dan fakta menarik tentang hantu. Ilustrasi dikerjakan secara manual menggunakan pena dan cat air dengan teks berupa tulisan tangan membuat buku mungil ini menjadi terasa lebih personal dan tentunya menghibur! :D



Sebenarnya masih ada buku cerita lainnya yang ingin saya bahas tapi nanti aja deh di postingan berikutnya, hehe... Saya mau lanjut lagi ngerjain kerjaan gambar, banyak sekali gambar yang harus saya perbaiki, huhuu...

13 komentar:

  1. asik-asik..lucu banget ya buku kek gitu...ditunggu update-annya :)

    BalasHapus
  2. bukunya menarik... hantunya imut kek casper

    BalasHapus
  3. bukunya simple tapi sangat personal yah.

    btw, itu cuma disteples biasa yah?
    hmmm low cost, high creativity.

    punya yang model begini tapi bikinan sendiri ga? kalo ada, kasih lihat yaaa :p

    BalasHapus
  4. mau dunk buku panduannya Ald :D

    BalasHapus
  5. Lucu ya Dian, mustinya lebih banyak buku ilustrasi dengan gambar dan cerita menarik untuk anak-anak Indonesia ya.

    Btw, tanggal 4 jadi ke HelloFest kan? Aku udah janjian sama Mila dan Cipu juga, plus aku bakalan pake kostum. Hihihii ;)

    BalasHapus
  6. wah, bukunya dijual di pasaran kan ya? jadi penasaran mau baca juga.. ilustrasinya imut bangeeeeet...

    BalasHapus
  7. kyaknya lucu nih bukunya, pake tulisan tangan gitu

    BalasHapus
  8. interesting. konsepnya spt buku komiknya alex noriega.

    BalasHapus
  9. @Dewi: Sip, ditunggu ya.. :)

    @Froggy: Iya, si hantu imut2 ini jg mengingatkanku sama Casper :D

    @Emy: Yup, disteples krn bukunya hanya 24 halaman. Hehe.. punya tp awur2an ceritanya jd cuma buat konsumsi sendiri aja *malu*

    @Fie: Sini ntar dipinjemin deh tp boncengin aku pake motormu ya.. ;)

    @Rossa: Wuiih, dirimu bakal pake kostum ke Hellofest, Cha?? Keren!!

    @Bebe: Emang ilustrasinya Neil ini imut bgt, hihi.. Kyknya hanya dijual di Etsy shopnya Neil aja deh..

    @Gerandis: Ya tulisan tangannya sang ilustrator :D

    @Artika: Yup, simpel dan menarik! :D

    BalasHapus
  10. ide ceritanya lucu bgt ya... jadi kangen baca illustrated books...

    BalasHapus
  11. @Mei: Hihi iyaa.. Tokoh di cerita ini, si hantu imut2, jg merasa sendiri dan kesepian spt yg dialami tokoh2 di bukunya Murakami *sok disama2in biar mirip* :))

    BalasHapus
  12. asik ya, bisa dapet buku dari sang idola, hehe :)
    bukunya bagus dan unik. hantunya juga unyu2.. dijual di indonesia gak ya? hehe :p

    BalasHapus
  13. @Simplelooklet: Iya hantunya unyu bgt ya hihi.. Kyknya ga dijual di sini deh, tp buku cerita mungil ini bisa dipesan/beli di etsy shopnya Neil..

    BalasHapus