11 Desember 2010

Madeline, harta karun di Hellofest 7

Sabtu minggu lalu saya dan Rossa, seorang kawan blogger, janjian untuk mengunjungi acara Hellofest 7 di Balai Kartini, Jakarta. Hellofest adalah program tahunan terbesar dari Hellomotion untuk mempromosikan animasi dan film pendek karya negeri sendiri. Selain untuk melihat acaranya, tentu saja sekalian bertemu dengan Rossa untuk pertama kalinya di dunia nyata. :D

Dibanding Hellofest 4 yang pernah saya kunjungi sebelumnya, Hellofest 7 kali ini sangat meriah. Ada pasar Hellofest yang menjual pernak-pernik unik dan menarik, mulai dari mainan jadul, tin toys, barang-barang seni, t-shirt, pameran karya seni, dll. Ada juga KostuMassa (penonton berkostum/ costplay) yang superheboh, dari kostum tokoh kartun manga yang ngga saya ngerti sampai kostum RoboCop!

Di sana ada salah satu stand yang menjual buku bekas dengan kondisi cukup baik dan harga yang terjangkau, namanya Omaniuum. Kami tertarik melihat buku-buku di stand tersebut yang kebanyakan buku cerita anak. Ngga lama ngubek-ngubek tumpukan buku, saya langsung jatuh hati dengan dua tampilan ilustrasi sampul buku cerita berjudul "Madeline" yang bernuansa Paris. Tanpa pikir panjang, langsung saya beli padahal saya ngga tahu buku itu bercerita tentang apa. Karena budget saya terbatas saya hanya beli satu buku yaitu, "Madeline's Rescue". Sampai di rumah saya agak menyesal kenapa ngga beli dua-duanya. Akhirnya, saya langsung pesan via email malam itu juga ke Omaniuum, sebuah toko buku kecil yang berlokasi di Bandung. Besok harinya saya dapat kabar kalau bukunya masih ada. Ternyata saya masih berjodoh dengan Madeline! :D

Halaman Judul

Apa sih istimewanya buku Madeline ini? Pertama saya suka sekali dengan ilustrasinya, sangat klasik. Ilustrasinya lebih bercerita di buku ini. Beberapa ilustrasi berupa sketsa dengan warna kuning yang dominan dan ada juga berupa ilustrasi utuh, lengkap dengan warna-warni pekat namun tetap cerah. Dengan ilustrasi yang ramai (busy illustration capture) serta nuansa Paris yang kental membuat saya semakin jatuh cinta dengan buku ini.

Madeline ditulis dan diilustrasikan oleh Ludwig Bemelmans, pertama kali diterbitkan tahun 1939. Ketika saya mencari info buku ini di google, saya terkejut ternyata Madeline bukan buku cerita biasa. Awalnya buku ini ditolak oleh penerbit Viking Press (penerbit buku besar di Amerika) dan akhirnya diterbitkan oleh penerbit lain. Madeline sangat populer di masanya dan meraih Caldecott Award Book tahun 1954, yaitu penghargaan untuk para seniman buku bergambar (
picture book) paling terkemuka di Amerika untuk anak-anak yang diterbitkan tahun itu.

Buku ini berkisah tentang dua belas gadis kecil yang tinggal di sebuah rumah tua (semacam asrama) di Paris. Mereka dirawat dan dijaga oleh biarawati baik hati, Miss Clavel. Di antara kedua belas gadis kecil itu Madeline-lah yang terkecil. Ceritanya sederhana dan lucu. Dengan teks cerita yang pendek dan berirama membuat saya senang membacanya, apalagi anak-anak ya... :)


Setiap cerita diawali dengan: In an old house in Paris that was covered with vines, Lived tweleve little girls in two straight lines. They left the house at half past nine, In two straight lines in rain or shine. The smallest was Madeline. She was not afraid of mice. She loved winter, snow, and ice. To the tiger in the zoo, Madeline just said, "Pooh pooh!"

Madeline, Ludwig Bemelmans, Picture Puffin 1977, 44 hlm.

Buku pertama yang berjudul Madeline ini, mengisahkan Madeline sakit usus buntu dan harus dioperasi. Membuat kesebelas teman Madeline sedih. Esok harinya kesebelas temannya itu menjenguk Madeline di rumah sakit. Di kamar rawat inap Madeline banyak permen dan mainan dari Papa. Madeline dengan bangga menunjukkan bekas jahitan operasi usus buntunya kepada sebelas temannya itu. Sepulang menjenguk Madeline, kesebelas teman Madeline malamnya menangis, membuat Miss Clavel panik. Ternyata mereka juga ingin operasi usus buntu seperti Madeline.

Madeline's Rescue, Ludwig Bemelmans, Picture Puffin 1981, 50 hlm.

Madeline's Rescue adalah judul kedua dari seri buku Madeline. Mengisahkan Madeline terjatuh di Sungai Seine dan diselamatkan oleh seekor anjing. Petualangan yang hidup dengan dua belas gadis kecil dan seekor anjing bernama Genevieve, sekali lagi membawa saya bersama ilustrasi Bemelmans ke kota Paris yang memikat!
Judul buku Medeline lainnya yaitu: Madeline and The Bad Hat, Madeline and The Gypsies, Madeline in London, Madeline's Christmas.

Sungguh hari sabtu yang menyenangkan! Saya bisa bertemu dengan kawan blogger saya Rossa (Thanks, Cha! Kapan-kapan ketemuan lagi ya) dan menemukan harta karun walau saya malah ngga lihat film animasi di Hellofest 7 dan ngga foto-foto di sana karena lupa bawa kamera! :))

PS. Berharap bisa bertemu dengan kawan-kawan blogger lainnya, mungkin dengan berburu buku bersama! :)

26 komentar:

  1. aku mauuuu.... aku mau diajak berburu bukuuuu.... *gaji langsung ludes* :p

    BalasHapus
  2. take me, take me... awh, take me! :p

    BalasHapus
  3. lucuuu! pernah denger tentang Madeleine, ada toko buku sejenis itukah di Bandung? sebelah mananya Mba?

    BalasHapus
  4. It was a great saturday Dian :)

    Nice to meet you.

    Tuh kan, gue bilang juga beli aja dua-duanya, akhirnya malah nyesel kan cuma beli satu, trus jadi ribet nyari kesana-sini. Untuuung aja masih ada bukunya :D

    Nanti kita kopdar-kopdar lagi yaaa, bareng Cipu juga kalo dia udah balik ke Indo :)

    BalasHapus
  5. hehe lucu-lucu ya gambarnya Madelaine,tapi bagiku terlalu sederhana, maksudku kurang bayak warna^^... tapi tetep asyik kok.
    wah kopdaran ama Ocha ya...pasti ayik tuhhh ;)

    BalasHapus
  6. @Rhein: Yuuukk.. Kalo berburu buku bekas di lapak2 buku gitu jg mau? :D

    @Reborn: Mm, okay, I'll take you! :P

    @Ica: Iya Icaa.. Bukunya bagus dan lucu. Kamu pasti suka jg deh sama ilustrasinya.. :) Aku malah blm pernah denger ttg Madeline loh..
    Di Bandung itu bnyk toko yg unik2 ya.. Aku jg kurang tau tempatnya di mana. Katanya sih toko Omaniuum ini agak nyempil deket kampus Unpar (bener ga ya, hihi). Ica di Bandung kan? :)

    @Rossa: Haha.. Tp ga seribet waktu nguber2 si Rama, mana pake lupa namanya segala lagi! ;))
    Btw, msh tetep ngefans sama Rama ga, Cha? :P

    @Alice: Hai Alice! Iya, di buku ini bbrp ilustrasinya sangat sederhana cuma berupa sketsa dg satu warna aja, tp kemudian diselingi ilustrasi utuh yg ramai dg warna-warni cerah di halaman berikutnya. Menurutku gambar2 sederhana tsb agar pembaca tdk merasa bosan.. :)
    Yup, asik bukunya. Kadang ilustrasi/gambar yg sangat sederhana dan ga bnyk warna pun bs lbh menarik dan bermakna menurutku ;)

    BalasHapus
  7. wow bukunya bikin ngiler banget... aku suka banget ama ilustrasinya! :). really a treasure!

    BalasHapus
  8. @Mei: Iya mba! Pasti mba Mei kangen Paris deh kalo liat dan baca buku ini ;)
    Aku nemu Madeline spt dulu aku nemuin Catherine Certitude, super senaaaang! :D
    Kapan kalo nanti ketemuan *amin* ceritain ttg Paris ya.. :) Katanya kecoak di sana besar2 ya mba? (teteup kecoak haha)

    BalasHapus
  9. buku madeline bener2 harta karun... aku suka ama covernya, juga ilustrasinya, yg warna warni maupun yg sketch aja... jadi pengen belajar gambar... :)
    kecoak indonesia tetep juara 1, udah gendut, terbang pula.. hiiiiiy!!

    BalasHapus
  10. @Mei: HUAHAHAAA!! mba Mei jahat ngatain kecoak gendut ntar malem disamperin loh! Emang sih kalo diliat2 kecoak di sini sehat2 ya.. :))

    PS. Iya mba, buku ini bagus buat referensi menggambar ato melukis :)

    BalasHapus
  11. iya mba, aku di Bandung coret (alias Jatinangor), hehehe..
    Omaniuum di deket Unpar? Akan kucari ah. Mereka nggak ada katalog online ya? *halah, kebiasaan online* hehehe

    BalasHapus
  12. @Ica: Setahuku kyknya ga ada katalog onlinenya deh, tp ada websitenya, Ca.. Paling enak emang dtng langsung ke tokonya ya..
    Nanti kalo udah ketemu tokonya cerita2 ya, aku jg pingin ke sana kapan2, mungkin skalian ketemuan sama Ica :)

    BalasHapus
  13. teteeehh ayoooo kita kopdar jg!! kita kan blm pernah kopdar teh hahahaha :))

    BalasHapus
  14. @Ela: Hahaha.. Ayoooo ntar sore kita kopdar sambil nyuci ya *siapin ember, rinso, cucian kotor* :))

    BalasHapus
  15. mauuuu.... ke lapak manapun baru atau bekas asal itu buku aku mauuu... kalau beli yang bekas, ada tantangan tersendiri: nawar. Hahaha...

    BalasHapus
  16. menanti kopdar bersama Aldriana :)

    BalasHapus
  17. @Rhein: Haha.. Iya nawar itu tantangan paling berat. Aku ga jago nawar, mungkin krn blm jd emak2 kali ya.. :))
    Semoga nanti bs berburu buku sama Rhein :D

    @Cipu: Ah.. Cipuuu aku jd maluuuu hahaha.. Mudah2an nanti bs bertemu dg dirimu ya! :)

    BalasHapus
  18. @Devi: Hai! Wah, suka jg ya? Iya, bukunya emang lucu :D

    BalasHapus
  19. wah, ceritanya lucu dh. saya jg suka tuh, apalagi bisa baca sendiri bukunya.. hehe..
    dari cerita kakak, keliatannya ceritanya emang cerita khas eropa kaya Matilda dll..
    eh, menurut kakak, animasinya sama gak ky bikinan Quentin Blake gak?? hehe (kok jadi sok tau gini ya?? :D)

    BalasHapus
  20. @Matthrixx: Wah, baca buku ceritanya Roald Dahl jg ya? Matilda salah satu cerita favorit saya :)

    Iya menurutku buku Madeline ini cerita dan ilustrasinya menarik. Baik cerita dan ilustrasinya khas eropa bgt. Memang sekilas ilustrasinya hampir mirip dg ilustrasi Quentin Blake ya, kesan pertama wkt saya liat buku ini jg begitu, tp kalo diperhatikan beda bgt kok..

    Menurutku (lagi) karakter garis Bemelmans ini lebih rapi dibanding Blake yg rusuh dan berantakan *sok tau* :D

    BalasHapus
  21. iya, baca matilda (tapi baru satu), itupun punya adik saya.. :D
    seneng jg bisa ngerti kekhasan cerita eropa.. hehe...
    iya, emg sy liat sekilas doang kok,jadi keliatan mirip..
    klo ka dian ilustrasinya lebih cenderung mirip siapa neh?? ;)

    BalasHapus
  22. @Matthrixx: Hm, mirip siapa ya?? Saya ga tau.. Yang pasti saya senang sekali menggambar :)

    BalasHapus
  23. hehehe.. gak tau apa belum tau??
    saya seneng liat gambar tapi gabisa gambar :(

    BalasHapus
  24. Ng.. aku.. aku mau bertemu muka denganmu.. Hehe.. anyway aku suka suka suka bangeet buku anak! Tiap ke Aksara selalu lama2 mantengin buku anak.. hihi.. Madeline ini nampaknya lucu.. :D

    BalasHapus
  25. @Titiw: Ng.. aku jg ingin sekali bertemu dg dirimu Tiw.. Mudah2an nanti bs ketemuan ya! :)
    Kalo mau liat mukamu aku cukup ke titiw.com aja, hehe..

    Di Aksara (Kemang) itu bagus2 ya buku cerita anak impornya, aku jg betah lama2 di sana :D

    BalasHapus