20 Februari 2017

Kartu Pos Sepanjang Tahun 2016

Biasanya saya suka bercerita tentang kartu pos yang saya terima di akhir tahun, karena kesibukan akhir tahun kemarin saya jadi tidak sempat menulis cerita tentang ini. Sebenarnya, tahun lalu saya masih menerima kartu pos dan surat dari beberapa kawan di dunia maya. Saya sudah jarang sekali menerima surat malah hampir tidak pernah, jadi kaget sekaligus senang sewaktu dapat surat dari kawan baru. Kartu pos dan surat ini bikin saya happy sepanjang hari. Buat saya, rasanya masih sama seperti dulu ketika menerima surat dari sahabat-sahabat pena saya. ^_^

Yuk, langsung lihat kartu pos dan suratnya!

Tirsa - Monterey Bay, California, United State of America
Ini kartu pos di awal tahun 2016. Gambarnya unik, awalnya saya kira ini selembaran iklan yang sering dilempar orang ke rumah-rumah untuk promosi produk makanan. Ternyata salah. Hihihi. Karena memang kartu posnya bergambar iklan zaman dulu tentang makanan kaleng Portola Sardines, Hovden Food Products Corporation (1916). Kartu pos dikirim saat Mbak Tirsa sedang jalan ke Monterey Bay, kota di California, di mana penulis John Steinbeck aktif. Saya belum pernah membaca novel karya Steinbeck. Saya sempat lihat di toko buku, dua novel karangannya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, yaitu "Tikus dan Manusia" dan "Dataran Tortilla".

Lianty Putri - Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Indonesia
Menyapa dan disapa seseorang itu sama-sama menyenangkan. Saya senang sekali jika ada seseorang menyapa saya. Seperti Lianty, yang menyapa saya lewat kartu pos. Kartu pos bergambar karya Lianty ini adalah kartu pos pertamanya. Lianty bilang, sebenarnya ia sudah lama mengikuti blog saya tapi baru kali ini berani kirim kartu pos. Dan selanjutnya, Lianty kembali mengirim surat dengan kertas surat lucu-lucu.

Mona - Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Mulanya ada seseorang berkomentar di salah satu cerita di blog saya. Ia ingin mengirim surat dan memperlihatkan karya gambarnya kepada saya. Tentu saya senang sekali. Tidak lama kemudian, suratnya datang. Saya cukup kaget karena ia betulan kirim surat beserta karya gambarnya! Namanya Monalisa, sarjana bahasa Inggris, berasal dari Padang. Mona menulis dalam suratnya, ia hobi menggambar dan setahun terakhir ini ia sedang senang menggambar pakai pensil warna. Mona kerap menggambar bersama keponakan maupun anak-anak tetangga yang masih kecil. Menurut Mona, sekalipun sekarang ini sedang tren buku mewarnai dewasa, ia kurang tertarik membelinya karena lebih puas mewarnai gambar buatan sendiri. 

Berikut beberapa gambar karya Mona yang ia sertakan dalam suratnya:



Ada Doraemon! :D

Sedikit masukan untuk Mona. Buat saya, hasil pewarnaan pensil warnanya masih terasa tebal, kesannya seperti pakai krayon. Barangkali pensil warnanya terlalu ditekan. Atau mewarnainya memang pakai krayon, ya? Tapi, di gambar ini Mona pandai bermain gradasi, mewarnai dengan tegas dan rapi, dan berani mencampur warna sehingga gambar terlihat menarik. Terima kasih gambar-gambarnya, Mona. Terus menggambar, ya! ^_^

Lianty Putri - Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Indonesia
Beberapa bulan lalu saya membalas surat Lianty yang ini. Kemudian, Lianty kembali membalas surat saya itu. Dan isinya banyak sekali! Ada dua pembatas buku yang dibikin sendiri oleh Lianty, post-it bergambar Doraemon, komik jepang "Walking with You" karangan Megumi Mizusawa yang banyak binatang-binatang lucunya, dan satu kartu pos bergambar Danau Toba. Dalam suratnya yang bergambar Doraemon, Lianty bercerita kalau sekarang ia sudah kelas 1 SMA. Lianty bercita-cita menjadi politikus dan bekerja di kementrian. Oiya, Lianty juga senang berkirim surat dan punya banyak sahabat pena. :D

Asti Nadia - Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
Surat ini datang sekitar dua minggu lalu. Saya sempat penasaran karena di belakang amplopnya hanya tertulis nama pengirimnya dan tertera Purwokerto Banyumas pada cap perangkonya. Setelah dibaca suratnya, ternyata dari seseorang yang suka main-main ke blog saya. Asti Nadia, Dea nama panggilannya, saat ini kelas 2 di SMAN Banyumas. Ia punya hobi membaca, menggambar, membaca komik, dan melihat gambar-gambar lucu di internet. Ini pertama kalinya Dea menulis surat yang dikirim. Dalam suratnya, Dea bercerita bagaimana awalnya ia bisa ketemu blog saya. Dea pun bercerita tentang lima kucing peliharaannya yang ia namai Al, El, Dul, Temi, Kuning. Menurut Dea, nama-nama kucingnya kurang kreatif tapi yang penting Dea menyayangi mereka. Untuk Dea, suratnya sudah saya balas hari ini. Maaf ya balasnya lamaaaa. Semoga suratnya selamat sampai di rumahmu! ;)

Terima kasih, Teman-teman! Kartu pos dan suratnya sudah saya simpan baik-baik. Hingga saat ini saya masih takjub kalau ada kartu pos atau surat yang tiba-tiba datang untuk saya dari tempat/daerah yang ngga pernah saya sangka. Di masa sekarang, rasanya memang sedikit aneh dan tidak biasa lagi mengirim atau menerima surat seperti ini, tapi saya tetap suka dan senang. Silakan saja kalau ada teman-teman yang ingin bertukar cerita atau sekadar menyapa saya lewat kartu pos/surat (lewat email pun boleh), jika sempat pasti saya balas. ^_^

6 komentar:

  1. Hai, makasih mbak Dian. Ada suratku dimuat, senangnya. Mona

    BalasHapus
  2. Oya mbak, terimakasih masukannya. Waktu itu, aku mewarnainya pakai pensil warna merk "Spectracolor Design USA" yg memang pensilnya lebih tebal. Kubeli wkt di Pku, dia satuan. Dan, ini second-nya, sisa2 toko yg tak terjual, lalu dijual kembali. Wkt itu, aku kaget sj ada pensil impor satuan, krn penasaran kubeli bbrp. Skrg sdh habis. Makanya, pas bandingkan hslnya dgn pensil warna biasa, aku heran juga, kok tebal yah.. Anyway, thank for suggesting my drawing. Mona.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, berarti dari jenis pensil warnanya, ya. Warnanya bagus, lembut tapi terang, dan mudah dicampur dengan warna lain. Sayang ya pensil warna ini sudah ngga diproduksi lagi. Sama-sama, Mona!^^

      Hapus
  3. Hai Mbak Dian, Sabtu lalu aku kirim surat (lagi). Semoga sampai ke alamatnya, yah... Mona.

    BalasHapus
  4. hi Dian... postcard Sarden mejeng di blog-nya... Thanks for sharing it dan...juga post card dari teman teman yg lain juga bagus bagus... gambarnya keren keren yah

    BalasHapus
  5. Hai kak Aldriana~
    Wah ada surat Lianty nih :D

    Terima kasih sudah sempat-sempatin posting ini ya kak >_<

    BalasHapus