19 Agustus 2014

Meminta Izin

Beberapa hari lalu saya dapat email dari seseorang bernama Francisco, bermukim di Colchester - UK, yang meminta izin ingin menggunakan salah satu gambar pribadi saya yang ini. Rencananya gambar tersebut akan dicetak di cangkir dan kartu ucapan ulang tahun ke-50 kakak perempuannya. Dia menemukan gambar saya itu, yang menurutnya cocok sekali dijadikan hadiah untuk kakaknya yang sangat suka menari dan badak. Dia menjelaskan bahwa gambar akan digunakan untuk tujuan pribadi. Tidak ada tujuan komersial apa pun, hanya akan dicetak sekali saja di cangkir dan kartu ucapan. Dia memastikan tanda tangan artis saya juga akan muncul di sana. Dan jika saya merasa tidak senang dengan hal tersebut, dia tidak akan menggunakan gambarnya. 

Buat saya, tidak masalah selama gambar pribadi saya tidak digunakan untuk tujuan komersial dalam bentuk apa pun. Namun, alangkah baiknya bila meminta izin lebih dulu ke pemiliknya. Apalagi jika di sana terdapat kontak yang dapat dihubungi. Kalau mungkin sungkan, malu, atau sibuk tidak sempat meminta izin, cantumkanlah sumber tautannya/nama pemiliknya dengan benar. Dengan begitu, sang pemilik akan merasa tetap dihargai. Kalaupun ada yang mau memberikan kompensasi/imbalan sebagai salah satu bentuk dukungan supaya pemilik gambar bisa membeli perlengkapan menggambar dan berkarya lebih bagus lagi, boleh-boleh saja kok. :) 

Saya pikir, tidak banyak di dunia maya orang seperti Francisco, yang mau repot jauh-jauh meminta izin dengan sopan dan jelas. Dan saya sangat menghargainya. Karena itulah, dengan senang hati saya memberikan izin kepadanya. Dua hari kemudian, dia mengirimkan saya foto cangkir dan kartu ucapan ulang tahun yang akan dihadiahkan ke kakaknya. Hasilnya lucu banget!! Saya sampai ketawa sendiri lihat si Badak Balerina ada di sana. Semoga saja sang kakak suka dengan hadiah dan gambarnya. :D


(FOTO: Francisco Sepulveda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar