29 April 2011

Omuniuum, Bandung

Masih lanjutan cerita akhir pekan saya kemarin ke toko buku di Bandung. Toko buku kedua yang saya kunjungi yaitu Omuniuum. Saya pernah menemukan harta karun di stan Omuniuum beberapa bulan yang lalu di Jakarta, karena itu saya jadi penasaran ingin sekali main ke sana. Toko kecil yang berlokasi di Jalan Ciumbuleuit 151b lantai 2 (di seberang UNPAR), ternyata tidak hanya menjual buku tapi juga t-shirt, pernak-pernik, dan CD musik band-band rock cadas lokal, seperti; Koil, Seringai, DeadSquad, dll.

Ketika saya masuk ke Omuniuum nuansa "rock" sangat terasa. Saya rasa pasti pemilik tokonya penyuka musik rock alternatif yang cinta akan buku (sastra). Terlihat dari koleksi buku-buku sastra klasik luar, karya Charles Dickens, Harper Lee, Ernest Hemingway, dll. sampai buku karya Remy Sylado, Arswendo Atmowiloto, NH. Dini, dan masih banyak lagi. Koleksi buku-buku cerita bergambar dan komik lawas yang menjadi kesukaan dan incaran saya juga menarik. Buku desain dan seni pun ada. Dari buku baru sampai buku bekas dengan kondisi yang cukup baik juga tersedia di sini.

Bagian yang paling saya sukai dari toko buku ini adalah rak bukunya, dengan pajangan robot-robot lucu. Berantakan tapi tetap keren. Tampaknya sang pemilik toko membiarkan saja buku-bukunya tersusun secara alami, supaya pembeli bisa puas "ngubek-ngubek" buku yang mereka cari sendiri. Memang agak ribet nyari bukunya tapi itulah seni-nya. Saya juga sempat ngeberantakin buku-buku di sana dan menemukan beberapa buku cerita bergambar yang saya suka ilustrasinya. Ruangan Omuniuum ini cukup kecil sehingga memudahkan kita menjamah buku dari rak yang satu ke rak buku lainnya.

Ingin ke toko buku alternatif dengan nuansa rock? Coba deh mampir ke Omuniuum, siapa tau kamu menemukan harta karun di sana! :)


Rak buku utama


Salah satu rak buku yang saya berantakin :))

Selalu senang berada di antara rak dan tumpukan buku. Semoga bisa berkunjung ke toko buku kecil unik lainnya. Dan menemukan buku yang tidak biasa di sana. Makasih buat Veni, Heru, dan Ical yang sudah menemani saya jalan-jalan ke Bandung, nanti kita ke toko buku sama-sama lagi ya!

13 komentar:

  1. WOW! another interesting place..dari baca cerita dan lihat fotonya, saya langsung minat bgt! sayang ga ada toko buku lucu begini di Jakarta..

    BalasHapus
  2. wah ini tho wujud tokonyaa! nemu buku apa aja mba??

    BalasHapus
  3. aku juga mau kesanaa aaaah...
    pdhl kmrn baru dr bdg, tp ga sempet jalan2 ke toko buku uhuhuhu... aku belom pernah ke toko ituu

    BalasHapus
  4. Anuh enaknya....
    Nemu buku apa aja mbak???

    BalasHapus
  5. @Olivia: Iya, ini asik jg toko bukunya, rocker bgt! Aku ga tau apa di Jakarta jg ada toko buku kecil spt ini, tp aku rasa ada deh.. Seru ya kalo hunting toko2 buku kecil kyk gini di Jakarta.. :D

    @Lily: Kebetulan aja kemarin pas ke Bandung, trs pingin ke tempat belanja yg beda. Jadinya jalan2 ke toko buku deh.. :)

    @Ica @Dweedy: Di sini aku beli lumayan banyak, terutama buku cerita sama picture book-nya! :D

    BalasHapus
  6. iya sih, hehehe masa Jakarta segede gini ga ada toko2 kayak gitu yah hehehe harus hunting2 nih :)

    BalasHapus
  7. kapan2 aku ikut ke banduuung! xD

    BalasHapus
  8. @Olivia: Mari hunting toko2 buku kecil di Jakarta! :))

    @Titiw: Boleeeeh! Kmrn rencana perginya mau pake travel Tiw, tp krn penuh semua akhirnya naik bis Primajasa dr Jatibening dan itu jg penuh, akhirnya kita tetep naik bis itu dg duduk melantai pake koran! :)) Jd berasa backpacker beneran xD

    BalasHapus
  9. wow tulisan yg bagus dan langsung menyebarkan virus ingin mengunjungi toko buku (a.k.a borong buku).. :) koleksi bukunya unik2 dan gak biasa kyknya ya? byk buku bekas atau baru?

    BalasHapus
  10. @Mei: Hahaha.. Kalo mba Mei pas ke Bandung coba deh mampir ke Omu.. Menurutku ini salah satu toko buku kecil yg berkarakter, hehe.. Iya koleksi bukunya unik2, aku rasa 40% buku baru, 60% buku bekas deh, tp kondisinya msh lumayan bagus2 kok, mba..

    BalasHapus
  11. Terima kasih untuk blog yang menarik

    BalasHapus
  12. lucu banget mbak diaaan toko bukunya..... di bengkulu kga ada yg bginian :'(

    BalasHapus
  13. @Fika: Iyaaa. Toko bukunya emg lucu & unik. Koleksi buku2nya jg ga kalah unik. Di Jakarta jg ga ada toko buku spt ini :'( Waah, senangnyaa ada yg main2 dari Bengkulu ke blogku.. :)

    BalasHapus