8 Januari 2011

Naik Sepeda Lagi

Hola! Gimana tahun baruannya kemarin? Semoga menyenangkan ya... Seperti tahun baru yang lalu, saya ngga ke mana-mana, kami sekeluarga tahun baruan di rumah. Tepat pukul 12 malam kami ke atas balkon rumah buat liat kembang api, abis itu tidur deh! :))

Hari minggu paginya Mama dan saya bebenah gudang yang sudah penuh dengan barang-barang ngga jelas. Dan di pojok situlah teronggok sepeda saya dalam keadaan merana. Berdebu, berkarat, kawat rem lepas, ban-nya kempes dan retak-retak. Sepeda terakhir yang dibelikan (alm.) Papa saat
saya SMP. Kata Papa sih sepeda ini dikasih orangtua murid tapi saya ngga percaya. Papa saya tipe orang yang gengsian, bilangnya dikasih orang padahal beliau sendiri yang beli buat anaknya. Saya ingat betul selepas maghrib Papa saya pulang kerja sambil nuntun sepeda ini di teras rumah. Saya seneng banget, sudah lama saya minta dibeliin sepeda. Waktu itu di pertengahan tahun 90-an sedang tren sepeda Federal, Mustang, dll. Walau bukan sepeda dengan merek populer saat itu tapi sepeda ini sepeda paling keren di antara sepeda yang pernah saya punya.

Seingat saya, sepeda pertama yang saya miliki yaitu saat saya TK nol besar. Sepeda warna putih, beroda
empat dengan ban permanen berwarna putih juga. Waktu itu saya cukup cepat belajar sepeda dengan roda dua, lalu ngga lama dua roda cadangan di belakang dicopot. Pernah sepulang sekolah, saya masih pakai seragam putih putih (kelas I SD) dengan semangatnya saya langsung naik sepeda lalu melucur dari turunan garasi rumah, karena ngga ada remnya saya bersama si sepeda dengan mulusnya masuk ke selokan rumah tetangga depan. Saya ngga bisa keluar dari situ, pantat saya nyangkut di selokan!
Itu salah satu kenangan manis bersama sepeda pertama saya. Merasa sepeda ini sudah terlalu kecil buat saya, sepeda dibawa ke kampung buat dipakai sepupu saya yang masih kecil di sana.

Sepeda kedua saya adalah sepeda warisan milik kakak saya. Sepeda warna merah, berkesan ramping dan ringan. Tipe sepeda anak perempuan yang ada keranjangnya. Sepeda ini sepeda yang
paling sering dibawa ke bengkel. Pasti ada aja yang rusak setiap saya pakai. Dengan sepeda inilah pertama kali saya bersepeda jauh sampai ke jalan raya di depan kompleks rumah. Sebelumnya saya hanya berani bersepeda bolak-balik di gang rumah. Suatu hari si Mbak (pembantu saya dulu) ngaduin saya ke si Papa kalau saya main sepeda jauh-jauh sampai ke jalan raya. Beliau ngga marahin saya, tapi besok paginya sepeda saya sudah nangkring di atas lemari gudang yang tinggi. Selama seminggu saya ngga main sepeda.
Nasib sepeda ini berakhir tragis. Roda depannya patah dan copot gara-gara ditabrak sepeda teman main kecil saya dulu yang
amit-amit bandelnya. Dan dia kabur begitu aja. Besoknya sepeda saya ini diloakin.

Sepeda ketiga adalah sepeda bekas sepupu laki-laki saya, yang beda usianya jauh di atas saya. Karena ngga pernah dipakai lagi
akhirnya sepeda ini dikasihkan ke saya. Tipe sepeda anak laki-laki banget dan sepertinya sudah dimodifikasi sama sepupu saya. Warna hitam, rem torpedo (kalau sepeda mau direm, pedal digenjot ke belakang), stang sepedanya pendek, bangkunya panjang. Jarak antara stang dan bangku sepedanya cukup jauh, jadi kalau naik sepeda ini posisi badan kita bungkuk. Kayaknya sepeda model ini lagi hits di kalangan anak laki-laki masa itu. Sepeda ini paling asik dibawa ngebut, kalau direm bisa ngesot, hahaha. Sayang umur sepeda ini pendek dan nasibnya juga berakhir di tukang loak.

Selesai bebenah gudang, si Mama punya ide buat benerin sepeda saya, siapa tau sepeda masih bisa dipakai lagi. Dipikir-pikir sudah lama sekali saya ngga naik sepeda. Jadilah siangnya
saya antar sepeda ini ke bengkel sepeda dekat rumah. Si abang bengkel tau aja kalau ini sepeda abis turun dari gudang, malah si abang berani beli sepedanya Rp. 200 ribu. Idiiih ogah, ngga dijual! Setelah diperiksa, semuanya masih bagus. Ada beberapa bagian sepeda yang harus diganti, seperti; ban depan (ban luar dan dalam), rem dan kawat rem, besi tempat rantai roda belakang (lupa namanya). Setelah ditawar, harga perbaikan sepeda sebesar Rp. 130 ribu.

Besoknya sepeda siap dan langsung saya pakai keliling komplek rumah. Horeee... Akhirnya saya naik sepeda lagi, hahaha, dan rasanya masih sama! Ingatan saya langsung melayang jauh ke masa lalu saat naik sepeda ini bersama teman-teman komplek rumah setiap sore.

Penampilan sepeda saya setelah didandanin :)
Tampak lebih kinclong setelah karat-karat di sepeda diamplas pakai air

Jadi di tahun yang baru ini saya bakal bersepeda kembali, ihiiiy! Saya akan bersepeda tiap minggunya dan ngga perlu lagi jalan kaki cukup naik sepeda ke hypermarket
buat beli cemilan-cemilan lucu.

Untuk melengkapi postingan hari ini dengan riang hati saya persembahkan gambar
kudanil naik sepeda. Ide gambar ini muncul saat saya bersepeda ke kios pulsa dua hari yang lalu. Kayaknya sudah lama juga saya ngga gambar kudanil deh! :))

Sketsa "Kudanil Naik Sepeda"

1. Nice touch and nice post Dian. Jadi kembali mengenang (alm) papa dan kenangan masa kecil ya :)

Pasti emosinya berbeda-beda waktu nulis tulisan ini.

Selalu semangat dan tersenyum ya Dian. Dan selalu kejar semua passion kamu :)

2. jadi ingat sama papaku juga ;(
    semoga beliau tenang disana..

kuda nilnya imut sekaliiii
    hehe

3. teteeeehhhh.... gw terharuu huhuhuhuhu jd inget masa2 itu huhuhuhu.. bener2 seru y teh.. ga akan terlupakan... masa kecil kita emang asik & seru y teh hahahaha gw ga bakal pernah lupa waktu pantat lo masuk got mangrib2 kocak bgt hehehee :))

4. kok kyk dejavue ya baca ini?

kalo Dian punya profil di FB, kamu bisa baca notes ttg sejarah sepeda di hidupku, dan--ya ampyun!--mirip deh sm tulisan ini! :p

5. wah, aku jugaaaa...
    sempet lama ga sepedaan.
    padahal dulu waktu masih sekolah, sepedaan tiap hari ke Mesjid. :P
    sekarang sejak beli sepeda baru, sepedaan lg kalo mau blanja2 atau sekedar keliling2 kompleks. ^^

6. Aldrina, kuda nil yang naik sepeda itu mirip dengan pengalaman gua di Jepang. Pas ada pemain sumo yang naik sepeda, pemandangannya lucu banget karena sepedanya jadi kekecilan gitu kelihatannya heheheh

7. jadi inget Ald, fie terbang dari sepeda dan mendarat sukses diaspal, mendarat sukses di tanah, nabrak gerobak tukang sayur dsb... *iwannabesuperwomen* :P hehehe...

belajar sepeda seperti belajar hidup secara sederhana, tak akan pernah kapok untuk naik lagi meski berkali-kali jatuhkan :D

love this posting Ald. :D

8. @Rossa: Iya, Cha.. Selalu seneng deh kalo inget2 masa kecil dulu, kadang suka ketawa sampai berurai air mata, haha..
    Yup, tetap semangat jg ya! :)

@Hartinah: Amiiiinn.. :)
    Ah, senang kudanilnya dibilang imut, hihi..

@Ela: Iya, sepeda gw kan sepeda elo jg.. Makanya seru bgt ya sering rebutan kalo mau main sepeda :))
    Tiap pulang sepedaan kita pada kucel, lepek, keringetan dan bau matahari! :))

@Cippi: Hah? Masa? Hahaha.. Kok bisa ya, pasti mba Cippi pernah masuk selokan jg deh :P
    Aku mau bacaaaaa! Tp fb-ku udah ga aktif lg mba :(

@Nilla: Haha.. Iya, sama. Skrng ini aku mulai semangat sepedaan lg, hari minggu kemarin udah mulai bersepeda rada jauhan buat olahraga pagi. Dan asik bgt! :D

@Cipu: Hahaha.. Pesumo itu badannya kan besar dan gemuk2 ya, kebayang deh kalo mereka naik sepeda, kebanting! :P

@Fie: Kayaknya kamu bukan lg belajar sepeda deh Fie tp lg belajar terbang ya, mendaratnya kok di mana2 :))
    Setuju! Walo jidat bocor, lutut dan siku luka2 krn jatoh belajar naik sepeda tp tetap pingin coba dan coba lg, trus kalo udah bs ga mau berhenti main sepedanya :)

9. aku ijin pasang linknya diblogku yaaaa :D

10. @Hartinah: Boleeeeh.. Silakan :)

11. kuda nil-nya lucu banget...! and she looks happy on her ride :)

12. @Mei: Haha.. Iya si kudanil senang naik sepeda, sesenang aku menggambarnya :)

13. sepedanya imyuuut mbaaak!

seumur-umur, aku punya sepeda cuman dua kali deh. itu juga baru bisa aku naikin dengan lancar pas kelas 5 SD..hihihi.. *jadi malu*

14. @Ica: Yg imyut sepedaku ato sepeda si kudanil, Ca? :D
    Tapi sekarang udah jago kan naik sepedanya.. ;)

15. sepeda kuda nilnyaaaa..hihihi..gemes liat si kuda nil girang begitu..

sekarang udah lancar sepedaan sih mba(meskipun udah lama gak naik sepeda lagi) :P

16. Waktu di semarang, aku sering sepedaan juga tuh. Seruuuu.. sampe sok2an lepas tangan gitu. Hahaha...

Pas pindah ke bogor, kapok. Habisnya jalan naik turun. Pas nanjak didorong, pas turun baru di pake.. capek sayah... hahaha...

17. @Ica: Iya nih, skrg2 ini lg semangatnya naik sepeda walo cuma ke warung buat beli kuweh2, hehe, smg bs semangat trs naik sepedanya.. :P

@Rhein: Haha.. Emang paling enak sepedaan pas jalanan turunan ya, kalo jalan tanjakan cape genjotnya :D
    Wah, asik bgt tuh bs sepedaan di Bogor, sejuk banyak pohonnya :)

18. Wawawawawawa!! Ayo kita bersepeda bersama dian! Aku udah lama gak sepedaan di rumah nih. Biasanya sepedaan di kantor mulu sempetnya. Hehe.. Gila ya, tu sepeda masih bisa aja dirapiin.

Ini dia yang namanya go green beneran. Re-Use tanpa harus beli yg baru. Anyway, itu kan sepeda cowok di.. Hehe.. Jiyeee yang pernah punya sepeda torpedo.. klasik! xD

19. @Titiw: Haha.. Hayuk! Eh, berarti sepeda merahmu itu di kantor ya Tiw?
    Iya, aku jg bingung knp bokap beliin sepeda cowok, tp aku seneng bgt sama sepeda ini :)
    Yoi, rem torpedo klasik bgt! Hahaha..

20. nguahahahhaa...aduh, ngeliat itu gambar kuda nil naek sepedanya gue langsung kebayang laki gue, gyahahahahha...

badan super gede *he's 226lbs* trus naeknya sepeda hybrid ato ga fixed gear pake roda tipis...wkwkwkwkwkw. PERSIS!!!

21. @Si.Tukang.Nyampah: Oya?! Senangnya ada orang yg persis kyk gambar kudanil saya ini, hahaha..

Kalo badannya super gede kan enak meluknya dr belakang pas diboncengin.. :))

Makasih ya udah nyampah di sini! :)

22. huaaa... aku teringat main sepedamu yg rem torpedo ituuu.. aku hampir aja kejebur kali :P

23. @Maulina: Halo Lina! Masa-masa main sepeda wkt kecil itu emg sangat menyenangkan dan sulit dilupakan ya.. Hahaha.. Sepeda itu favorit bgt, soalnya asik buat dibawa ngebut!