19 November 2010

Cergam Lipat, Proyek Gambar Sederhana

Kemarin saya baru dibelikan adik majalah Bona, majalah anak untuk usia 1 - 3 tahun, edisi bulan November ini. Bukan untuk anaknya sepupu saya atau anaknya tetangga tapi khusus buat saya. :D

Yup, Bona si gajah pink berbelalai panjang, yang memiliki sahabat seekor kucing bernama Rong Rong. Jadi ingat masa kecil saya dulu, yang kisahnya selalu saya baca di halaman paling belakang majalah Bobo. Kata adik saya ada gambar saya di majalah itu. Gambarnya elo banget! Hah?! Saya bingung gambar yang mana, perasaan saya ngga pernah gambar untuk majalah itu. Owh... Saya baru ingat kalau beberapa minggu lalu saya dapat order gambar dari sang penata artistik majalah tersebut untuk membuat ilustrasi cerita bergambar (cergam) lipat sebagai bonus majalah. Ceritanya sangat pendek, tiap paragraf terdiri dari 3 kata dan 4 baris, yang mengajak anak-anak agar senang makan sayur, ikan dan daging.

Proyek gambar ini cukup sederhana namun proses pengerjaannya sangat menyenangkan. Saya dibebaskan untuk memakai gaya gambar sendiri. Ah, saya selalu senang dan bersemangat bila bekerja sama dengan orang-orang yang membebaskan saya berkreasi.


Naskah cerita penuh dengan coret-coretan saya :D

Seperti biasa, dalam proses pengerjaannya saya selalu membuat sketsa kasar atau corat-coret di kertas naskah ceritanya. Dengan teknik gambar manual, saya memilih karyon dan pensil warna sebagai media gambarnya. Karena menurut saya, krayon dan pensil warna itu sangat dekat dengan anak-anak. Untuk pewarnaannya saya menggunakan komputer agar lebih cepat, karena deadline gambar yang diberikan hanya seminggu dan saya itu orangnya kalau gambar suka lamaaa... :P

Ilustrasi Cergam

Jangan salah loh walau gambarnya sederhana seperti ini saya juga menghadapi revisi/perbaikan gambar bolak-balik dari sang penata artistik, yang katanya kurang pas dengan teksnya. Yahh... namanya juga resiko pekerjaan jadi harus diterima dan harus digambar ulang dengan hati riang gembira sedikit merana. Daaaan... pada akhirnya cukup memuaskan kok hasilnya. SENANG! :D

Cergam Lipat, ilustrasi oleh Aldriana :)

Hm, ngga terasa ya udah hari Jumat lagi, waktunya disko-disko mungil nih nanti malam! :))

Selamat hari Jumat dan salam gambar! :D

18 komentar:

langkah fie mengatakan...

jadi mengapa kita harus makan Ald? biar gak kriuk-kriuk yah.... :P hehehehe....

jadi gak sabar beli buku cerita bergambar yang ditulis dan digambar sama Ald? eh... ato aku yang gak tau yah soal ini? *berpikirkeras-kerasberpikir* @.@?

ReBorn mengatakan...

beuh, kreatif bener. lucu lagi karaketer di gambarnya. :)

Rhein mengatakan...

berencana untuk mencari itu majalah..

kalau ketemu kamu minta tanda tangan yaaaaaa... :D

ordinaryoktaviani mengatakan...

Aldddddddddddddddddd, ajarin ak spy bs gambar siiiiiiiiiiiii.. heuheuheuheu...

achie mengatakan...

aku juga mau sihhh dia ajarinnn.. eh kenapa kamu ga bikin buku cara menggambar sederhana gituuuu.. aku mau mau beli deh nantiiii :p

Perez mengatakan...

hai-hai dian, akhirnya sempet blogwalking lagi (sok sibuk bgd guw), gud job!
bdw aq pengen dong diajarin milih warna, suka bingung klo mesti ngewarnain gambar

titiw mengatakan...

Keren abiiiiss! Ih Dian aku banggga bangetttt sama kamuuu! Ck ck ck.. dimuat di majalah.. eh gambarnya ada pula di kartu nama dan stiker aku.. *uhuk* ;)

ibunbun mengatakan...

mba kaya saya, klo gambar, lama... hahaha

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Fie: Bingung, suara perut itu kalo lg laper gimana sihh.. :))
Aku sangat kepingiiinn bikin buku sendiri, Fie.. Semoga suatu saat bs tercapai :)

@Reborn: Hihi.. Makasiiihh yaa.. :D

@Rhein: Duh, kamu berlebihan deh, Rhein! Mau sekalian pas foto dan cap bibirku ga? *makin berlebihan* :))

@Okta: Oktaaaaa.. Aku ga bs ngajaaaarr.. Ga bakat jd guru! :))

@Achie: Jd inget dulu wkt kecil punya buku panduan menggambarnya Pak Tino Sidin "Gemar Menggambar", yg seri menggambar orang dan binatang. Entah bukunya skrg di mana :)
Pingin bgt bikin buku begitu, Chie.. Mudah2an bs terwujud ;)

@Perez: Hola! Aku jg msh bingung kalo ngasih warna, Rez.. Biasanya sih ngandelin perasaan, kira2 yg pas dan enak diliat aja :D

@Titiw: Hah?! Serius Tiw gambarmu itu dicetak di kartu namamu dan di stiker jg?? Ga nyangkaaa.. Seneeeng bgt! :')

@Ibun: Iiih Ibun kamu ikut2an ajah, hahaha! *toss*

merry go round mengatakan...

kyakyakyaaaa...

resmi ngefans sama Dian.

Hebaaattt bikin gambar untuk bonusnya majalah Bona. Pasti merupakan salah satu pencapaian besar ya Dian. Congrats dear, glad to hear that :D

congrats congrats congrats...

oia, kalo gambar bergambar dulu juga ada yg bentuknya miniiiii banget, buat apa ya, lupa deh. tapi kalo ngga salah ada yg bonus dari chiki-chikian gitu ya.

cipu mengatakan...

Wuaaahhh selamat Aldriana... KEREENNNN

Top banget deh, salut gua sama materi yang disampaikan serta gambarnya.

Gua ada usul, gimana kalo Aldriana juga ngusulin gambar lipat ke majalah Bona lagi tapi dengan tema lingkungan. Pasti keren :)

langkah fie mengatakan...

Semangat Ald, pasti banyak yang ingin jadi orang pertama beli bukumu :D, termasuk akuh ^-^

Livia "Lily" Meilani mengatakan...

lucuuuuuunyaaaaa :)
gambarnya bagus banget deh deh deh deh, idenya ada aja :)
kapan-kapan gambarin buat aku dong :D

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Rossa: Makasiihh banyaakk Rossaa! *peluk*
Aku jg ngefans sama kamuuu, Ca.. Tulisan2mu ttg film detail bgt, juara! ;)
Ada ya buku mini bergambar gitu dulu? Aku lupa, hihi.. Dulu suka bgt makan chiki tp ga boleh sering2 sama nyokap :))

@Cipu: Thank you so much, Cipuuu.. :)
Wahh usulnya bagus, Cip! Nanti akan aku coba ajukan ke penata artistiknya dg tema lingkungan. Thanks ya! ;)

@Fie: Makasih banyak ya Fie buat semangatnya! :) *peluk*

@Lily: Hai Lilyyy! Apakah dirimu sdh kembali bersemangat? Hehe.. Makasih yaa.. Boleh, nanti kamu gambarin buat aku jg ya! ;)

mei mengatakan...

wow... hebat Dian.. pasti seneng bgt bisa bebas berkreasi dan gambarnya bisa dinikmati byk orang.. ;)
setuju, kamu bikin buku aja, pasti byk yg sukaa... yup semoga cita2mu ini tercapai ya..! :)

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Mei: Amiiiinn.. Aku jd tambah semangat nih.. Makasih sekali ya mba Meiiii.. You are so sweeeeeet mba!!! *peluk, peluk, peluk* ;)

Alvina A. Amir mengatakan...

untung aj gw liat tuh majalah,,,jd dah bs lo pamerin di blog,, yey!! hahaha :))

Aldriana A. Amir mengatakan...

@Ela: Iyaa.. Thanks ya udah dibeliin, hihi.. :D