28 Februari 2018

Ilustrasi Poster Hari Primata Indonesia 2018


Bulan Januari lalu, saya mendapat pesanan gambar dari Ayu, untuk bikin ilustrasi poster Hari Primata Nasional yang diperingati setiap tanggal 30 Januari. Rencananya poster akan digunakan sebagai sarana informasi dan sosialisasi pendidikan tentang primata Indonesia ke sekolah-sekolah dasar.

Walau waktu pesanannya mendadak, ternyata bisa juga saya kejar. Hehehe. Saya senang bekerja sama dengan Ayu, orangnya pengertian banget, saya selalu bilang ke Ayu kalau gaya gambar saya kartun. Dan Ayu menjawab, "Ngga apa-apa banget, Mbak. Sasarannya kan anak-anak." Jawaban Ayu bikin saya semakin semangat menggambar. :D

Setelah diberi beberapa contoh poster oleh Ayu dan jenis primata Indonesia apa saja yang akan digambar di poster, lalu saya mulai dulu dengan membuat sketsa kasar karakter primata yang sudah ditentukan berdasarkan rujukan foto dari internet dan buku yang saya punya. Setelah itu, saya ajukan ke Ayu. Jika menurut Ayu sudah oke sketsanya, baru kemudian saya bikin ilustrasinya.

Sketsa Karakter

Sketsa Poster

Setelah siap, ilustrasi saya kirim ke Ayu lewat surel. Ternyata Ayu suka hasilnya. Menurut rencana Ayu, ilustrasi hitam-putihnya akan dijadikan sebagai lembar kegiatan mewarnai anak-anak. Cerita dan dokumentasi kegiatan Ayu bersama kawan-kawan ketika memperingati Hari Primata Indonesia 2018 bisa diintip di sini.

Sekitar dua minggu yang lalu saya dikirimi poster primata ukuran A3 dan bonus kalender Owa Jawa 2018 oleh Ayu. Terima kasih banyak, Ayu!! Salut buat Ayu dan kawan-kawan, terus semangat untuk proyek-proyek penelitiannya, ya! 

 Poster Primata Indonesia 2018 dan Kalender Owa Jawa 2016 masih terpajang di ruang kerja :))

Kalender Owa Jawa 2018

Kegiatan Ayu bersama timnya dalam melakukan penelitian dan konservasi Owa Jawa bisa ditengok dan diikuti di akun Instagram @owahalimun atau laman Facebook Javan Gibbon Research and Conservation Project. Kisah-kisah menarik penelitiannya juga bisa dibaca di owahalimun.wordpress.com.

5 komentar:

  1. Primata yang ada di poster Dian, semuanya kelihatan ramah dan bersahabat...Semoga saya pun bisa belajar dari mereka untuk ramah dan bersahabat kepada sesama

    BalasHapus
  2. Mbak Dian, saya selalu suka gambar2nya itu, sebab natural dan ceria. Mgkn menggambarnya lepas ya mbak. Kalau sy masih ragu2 mengambar binantang, takut nggak mirip asli makanya tidak pas. Aih, kangen ingin ganbar2 sebebas dulu lagi.....Mona.

    BalasHapus