30 Desember 2016

Kompilasi Komik

Kompilasi Komik Siluman Kucing (2016). Kompilasi Komik Sepanel Tiga Hati (2015)
Penerbit Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta

Saya baru tau dari seorang kawan tentang komik ini yang ngga sengaja dia beli di stan IKJ sewaktu acara PopCon 2016. Saya jadi ingin ikutan baca tapi bingung belinya di mana. Akhirnya saya coba hubungi Ardie, teman semasa kuliah yang saat ini menjadi pengajar ilustrasi di IKJ, buat pesan komiknya. Eh, tau-tau komiknya udah dateng aja kemarin, padahal saya belum bayar. Hahaha. Tenang, sekarang udah lunas, kok. Terima kasih ya, Die! ^_^

Komik terbitan FSR-IKJ ini merupakan karya terpilih yang dibikin oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta, saat mengikuti perkuliahan Sequential Art. Mata kuliah ini diwajibkan bagi mahasiswa DKV yang mengambil peminatan ilustrasi. Menurut penjelasan dalam buku ini, tugas membuat komik tidak hanya menggambar komik saja tetapi melatih kemampuan menyampaikan maksud dan tujuan dengan baik.

Senang bisa melihat karya akhir tugas kuliah adik-adik kelas dalam bentuk buku kompilasi komik ini. Temanya menarik, gaya gambarnya pun beragam. Kompilasi komik Sepanel Tiga Hati mengisahkan suasana di kampus IKJ dan kawasan sekitarnya dari sudut pandang mahasiswa, yang berhasil bikin saya kangen kampus. Kangen ngerjain tugas kuliah. Kangen dosen-dosen saya. Kangen Planetarium. Huhuhu. Saya sengaja baca komiknya sedikit-sedikit supaya ngga cepat habis. Hahaha. Semoga proyek kompilasi komik ini terus berjalan agar menambah keberagaman komik Indonesia dan dapat dijadikan koleksi bagi pencinta komik.

2 komentar:

  1. Mbak Dian,sy ingin kirim surat lagi, bolehkan...
    Tp, sy nggak ada kartupos, adanya surat biasa saja.. Ingin cetak gambar ke postcard, spt balasannya Mbak Dian itu, tapi belum. Sukses terus buat karya2nya Mbak Dian, imajinatif banget, loh...Mona.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mona! Boleh dong, silakan kalau ingin kirim surat. Jika ada waktu pasti akan saya balas. Makasih ya.. ^^

      Hapus