29 Juli 2015

Kangen

Suatu siang, beberapa waktu lalu, tiba-tiba saya kangen banget sama teman-teman SMA. Rasanya ingin segera bertemu dan ngobrol dengan mereka pada hari itu juga. Tapi ngga mungkin, kan. Jadi yang saya lakukan siang itu membuka-buka kembali Buku Tahunan SMA yang lama tersimpan di rak buku.

Buku Tahunan SMAN 14 JAKARTA Edisi III

Buku Tahunan merupakan buku yang ditulis, disusun, dan dipersembahkan oleh adik kelas untuk kakak kelasnya yang akan lulus supaya selalu dapat mengingatkan kepada SMA tercinta dan semua kenangan yang tertulis di dalamnya bisa mendorong sang kakak kelas untuk berbuat lebih baik lagi di masa mendatang.

Ketika SMA, tradisi coret-coret baju seragam untuk merayakan kelulusan dilarang di sekolah. Jadi saat pengumuman kelulusan tiba, secara spontan kami semua bertukar pesan, tanda tangan, juga harapan di Buku Tahunan milik kami masing-masing. Berharap pesan dan harapan baik tersebut nantinya bisa terwujud.



Saya membaca-baca lagi pesan disertai tanda tangan, harapan juga doa dari teman-teman sekelas maupun yang pernah sekelas. Ditulis pakai spidol warna-warni di beberapa lembar halaman kosong buku tersebut. Macam-macam pesan teman-teman buat saya. Agar saya jadi anak baik, mesti rajin, sukses, jangan malu-malu kalau sudah kuliah, jangan melupakan teman-teman saya, hati-hati di jalan, bisa tembus UMPTN dan ketemu lagi di UI, hingga dibilang mirip bapak saya. Saya tertawa haru membacanya.



Sewaktu UMPTN, saya memilih kriminologi dan arkeologi UI. Tapi gagal. Lalu, saya mendaftarkan diri ke kampus lain yang sesuai dengan minat saya, alhamdulillah diterima. Ada satu pesan di Buku Tahunan dari teman sekelas saya, Ika Damanik, yang menulis "...Kalo masuk IKJ bagiin kita tiket gratis, donk!" Ika tahu kalau saya bakal kuliah di sana. Sayangnya, saya belum pernah membagikan tiket gratis buat dia. Karena selama kuliah saya ngga pernah punya tiket gratis. Hihihi.

"Sosial Doea Milik Kami (SODOMI)"

Gambar kartun bapak wali kelas 3 IPS 2, Pak Sukartono (guru mata pelajaran Tata Negara),
dan teman-teman sekelas yang saya bikin di Buku Tahunan sekolah :D

Buku Tahunan ini bisa sedikit mengobati rasa kangen saya sama teman-teman semasa SMA, juga kenangan masa-masa yang tidak terlupakan bersama bapak dan ibu guru selama di SMAN 14 Jakarta. Di mana pun teman-teman saya berada kini, semoga mereka semua selalu dalam keadaan baik dan sehat. Amin.

Setelah rasa kangen tadi terobati, saya menutup dan menyimpan kembali Buku Tahunan di rak buku. Dan melanjutkan lagi pekerjaan saya yang sempat tertunda karena libur Lebaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar