25 April 2017

Mainan Tidak Kesampaian

Ada ngga sih mainan yang ngga pernah kesampaian sewaktu teman-teman masih kecil? Zaman SD, saya ingin banget punya Nintendo tapi ngga pernah dibelikan oleh papa saya. Entah kenapa, mungkin beliau ngga mau anak-anaknya lupa belajar karena kebanyakan main video game. Saya cuma bisa ikut main Nintendo di rumah teman saya yang satu kompleks. Waktu itu ada empat teman kompleks yang punya Nintendo. Saya juga sempat ikut undian berhadiah Nintendo dari permen Pindy Pop yang muncul di majalah Bobo, sayangnya saya ngga pernah menang.

Ketika liburan sekolah tiba, papa saya beli komputer baru. Komputer pertama kami. Komputer IBM tahun 80-an dengan layar hitam dan tulisannya hijau, masih menggunakan MS-DOS dengan disket (floppy disk) ukuran 8 inchi. Komputer ini digunakan papa saya untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Beliau juga mengajarkan kami menggunakan komputer. Kami belajar mengetik pakai Wordstar, menggambar di program Paint, dan main game. Tapi saya lebih senang menggambar di program Paint dan main game. Ngga banyak disket game yang kami punya saat itu, jadi ngga banyak pula game yang saya mainkan. Ada beberapa game komputer (PC/DOS) kala itu yang sering saya mainkan sendiri atau bersama adik dan kakak saya di rumah.

1. Frogger (1983)

Game komputer pertama saya sewaktu SD. Gregetan mainnya. Apalagi kalau baru mulai kodoknya sudah ketabrak mobil, kecebur kali, atau kena buaya. Huaaaa!

2. Digger (1983)

Saya sukaaaa sekali main ini. Deg-degan abis! Makin tinggi level-nya, semakin cepat permainannya. Pokoknya seru, seru, seru! Saya baru boleh main ini kalau sudah mandi sore. :))

3. PAC-MAN (1983)

Ini juga bikin deg-degan kayak Digger, kejar-kejaran, apalagi kalau "setan"-nya sudah mendekat, bakalan panik sendiri. Saya juga sempat punya mainan papan (board game) PAC-MAN. :D


4. Galaxian (1983)

Main game ini berasa seperti di luar angkasa. Asyik, tembak-tembak terus.

5. Tetris (1987)

Sebelum ada gimbot-nya (game watch), saya main Tetris versi ini di komputer.

6. Prince of Persia (1989)

Saya tahu game ini dari teman sebangku sewaktu kelas 1 SMP, namanya Sierra. Orangnya cuek, doyan main game PC, dan baik banget. Saya sampai dipinjemin disket game-nya buat di-copy. Dan ternyata emang seruu!

Keenam video di atas saya ambil via youtube yang sama persis seperti saya mainkan sewaktu kecil dulu. Nostalgia banget, deh! Sebagai anak yang besar di tahun 90-an, saya ngga pernah kesampaian punya Nintendo, tapi pada waktu itu bukan masalah buat saya karena game di komputer pun ngga kalah seru (walau game yang saya mainkan itu-itu saja. Hahaha). Saya makin jarang main video game ke rumah teman dan keinginan punya Nintendo juga langsung pudar. Sekarang saya malah jadi kangen game komputer dengan tampilan zaman dulu. Sudah lama sekali saya ngga main game komputer. Selama ini komputer hanya saya gunakan untuk kerja, kerja, kerja. :))

5 komentar:

  1. Mbak Dian, sy pernah mainkan Tetris, Digger, sama Prince of Persia. Secara, PC wkt sy SD itu masih pakai DOS, yg disketnya besar. Kalo Prince, sy mainnya cuma sampai level 8, sebab sulit. Tak pernah tamat2. Kt teman ada bukunya, tp saya nggak pernah punya. Mona.

    BalasHapus
  2. Sy msh ingat, game2 PC zaman DOS masih banyak lg yg lainnya, spt Alleycat, Paratrup, Space Commander, Golden Axe, sama Biomenace. Semuanya masih pakai disket besar itu, dan kdg ada yg mesti ganti Disc 1 ke disc 2. Itu semua game saya SD. Sy msh ingat, dulu mainnya sore2 habis belajar. Itupun hanya dikasi waktu sejam-an, tak lebih, sebab besoknya harus sekolah. Nah, plg penasaran Prince of Persia, nggak pernah tamat2 saking susahnya. Sampai skrg, sy tak pernah menamatkan game legendaris itu loh, mbak. Salam...Mona.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ngerasain game PC DOS juga, ya?! Hihihi. Sebetulnya masih banyak game PC DOS yang seru2 cuma aku punya segitu aja tapi itu juga udah seneng banget mainnya :))
      Rasanya aku pernah main Space Commander deh, lupa-lupa ingat. Digger dan Prince of Persia masih jadi favoritku sampai sekarang :D

      Hapus
  3. Saya kurang suka game computer...tapi inget permen pindy pop...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya seimbang, antara game komputer dgn mainan tradisional, semuanya sudah saya coba. Jd, sy bisa membandingkannya. Pindy Pop sy juga pernah coba, dulu suka2 aja, skrg kayaknya pake rasa pemanis buatan. @tanaraga

      Hapus